Posted by : fahmie kurosaky Wednesday, November 16, 2011

Pertandingan cabang olahraga balap sepeda SEA Games XXVI sudah memasuki hari kelima dan dari 24 nomor yang dipertandingkan, cabang tersebut sudah menyelesaikan delapan nomor pertandingan.








Dari delapan nomor balap sepeda yang digelar digelar di Gunung Pancar dan Sentul City Bogor, serta Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia sudah meraup lima medali emas, diikuti Thailand dengan dua medali emas, dan Vietnam dengan satu medali emas.

Lima medali emas yang diraih Indonesia disumbangkan oleh Purnomo (nomor down hill putra), Risa Suseanty (down hill putri), Chandra Rafzanzani (cross country putra), Tonton Susanto (individual time trial putra), dan Yanthi Fuchiyanti (road race 76,1 kilometer).

Dua medali emas Thailand diraih team time trial dan Chanpeng Nontasin (individual time trial putri), sedangkan Vietnam merebutnya dari nomor cross country putri.

Masih ada 16 nomor lagi yang dipertandingkan dengan memperebutkan medali emas, seperti road race perorangan dan beregu putra (di Subang), BMX yang memperebutkan dua medali emas di Ancol Jakarta, dan nomor trek yang memperebutkan 11 medali emas di Velodrome Rawamangun, Jakarta.

Untuk menggapai gelar juara umum di cabang balap sepeda, tentunya harus bisa meraih 12 medali emas tetapi melihat gambaran perolehan medali emas pada hari kelima ini tentunya dengan 11 medali emas saja sudah bisa menjadi juara umum.

Kenyataan ini berlaku jika Thailand terus menambah perolehan medali emas, sedangkan satu emas sudah direbut Vietnam.

Tetapi kondisi di lapangan berbeda, mengingat di nomor road race putra Indonesia memiliki pembalap berpengalaman seperti Tonton Susanto dan Ryan Arhian Hilman, sedangkan di nomor BMX memiliki Toni Syarifuddin, kemudian di nomor track memiliki Santia Tri Kusuma dan Uyun Mujizah.

Bahkan Santia Tri Kusuma menjalani latihan ke Belanda dan baru beberapa hari sebelum pesta olahraga multievent antarnegara Asia Tenggara ini pulang dan bergabung dengan rekan-rekannya di pelatnas.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI), Phannie Tanjung, mengatakan sejak awal induk organisasi olahraga sepeda di Tanah Air menargetkan meraih delapan medali emas.

"Kami optimistis bisa memenuhi target tersebut karena kami memiliki pembalap yang andal di beberapa nomor seperti road race, BMX, dan trek," katanya.

Ia menyebutkan untuk nomor road race Kamis (17/11), dia optimistis bisa meraup dua medali emas, dari BMX minimal satu emas kemudian dari track kemungkinan bisa meraih tiga hingga empat emas lagi.

"Yang penting kami merasa optimis bisa mememnuhi target meraih delapan medali emas terlebih dulu. Syukur-syukur bisa menjadi juara umum," katanya.

Lima Emas Berdasarkan hitung-hitungan pelatih, Indonesia masih bisa menambah empat hingga lima medali emas lagi.

"Kemungkinannya kami bisa menambah empat hingga lima keping medali emas dari perolehan sekarang ini," kata pelatih kepala balap sepeda, Wahyudi Hidayat.

Ia mengakui kalau melihat peluangnya kemungkinan bisa lebih tetapi secara realistis, minimal bisa meraih empat hingga lima medali emas lagi.

Ia menyebutkan lima medali emas tersebut diharapkan dari nomor road race (dua emas), BMX (minimal satu emas), dan trek (minimal tiga emas lagi).

Ketika ditanya pesaing berat pembalap Indonesia, dia mengatakan bahwa sekarang ini sudah terlihat dan Thailand menjadi pesaing berat Tonton Susanto dan kawan-kawan.

Tetapi, katanya, jangan dilupakan Filipina, Singapura, dan Vietnam juga harus diwaspadai karena dalam beberapa nomor yang dimenangkan pembalap Indonesia, mereka juga selalu membayangi.

"Selain Thailand, ketiga negara tersebut secara bergantian selalu membayangi Indonesia, kalau kami dapat emas, mereka bisa mendapat perak atau perunggu," kata Wahyudi.

Cabang balap sepeda SEA Games 2011 ini dimulai 12 November dan berakhir pada 21 November 2011. Pada hari terakhir memperebutkan tiga medali emas yaitu sprint putri, point race 20 kilometer putri, dan point race 40 kilometer putra.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Total Pageviews

Translate

Pages

Pages - Menu

- Copyright © SeRbA sErBi - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -